Menunggu Sunrise Di Candi Borobudur

Menikmati sunrise di Candi Borobudur bukanlah perkara yang susah, asal duit cukup kalian bisa menikmati sunrise/sunset di area Candi Borobudur yang sepi, adem, sejuk dan ngangenin. Tak perlu saya jelaskan sejarahnya secara bertele-tele yah yang jelas candi Borobudur ini terletak di kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang sudah terkenal sejak berabad-abad lalu dan menjadi ikon pariwisata negara kita tercinta di kancah internasional. Saya beranjak dari Jombang menuju Jogja menggunakan bus MIRA sore hari sekitar pukul 6-an, dan sampai di terminal giwangan Jogja sekitar pukul 01:00 WIB disana saya sudah ditunggu oleh temen yang kebetulan kuliah di UGM dan hendak saya pinjem motornya hehehe

Jam 2 malam dini hari dari Jogja saya bertolak menuju Magelang menggunakan motor pinjaman yang sepi dan dingin, butuh sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai ke borobudur. Untuk bisa menikmati sunrise di Borobudur hanya ada 1 pintu masuk yaitu via Hotel Manohara karena hanya dari hotel inilah yang mengelola paket wisata sunrise/sunset di candi borobudur, dan harganya pun lumayan mahal hehe (bisa kalian cek sendiri ya, tinggal klik linknya), saya tiba di Hotel Manohara pukul 03:30 pagi dimana masih belum ada siapa-siapa kecuali bapak satpam doang hahaha, yauda sembari nunggu petugasnya buka pendaftaran saya manfaatkan untuk tidur sebentar (tapi ga bisa nyet, rame turis, jadi ya cuma merem-merem palsu huhu)

Tiket untuk menikmati sunrise di Borobudur, sekali masuk.

Setelah mengisi buku tamu dan membayar biaya masuk, tas/barang bawaan akan diperiksa petugas setelah itu kita akan dibekali senter sebagai penerangan jalannya karena di borobudur gelap banget dan lampu juga pada mati hehee, *oiya jangan dibuang atau di sobek-sobek dulu tiketnya soalnya ntar bisa ditukerin dengan sarapan gratis. Dari hotel Manohara ke candi Borobudur ini ditempuh hanya dengan jalan kaki karena jaraknya gak begitu jauh sih #yaiyalahDariDuluKanGitu.

yawlaaah jeleq bet yak fotonya huhuhu, tapi gapapa, asal momen sunrisenya tersimpan cakep di otak.

Spot yang jadi rebutan para pemburu foto sunrise Borobudur tuh stupa yang kelihatan sedang bermeditasi seperti fotoku diatas, nih saya kasi tau biar langsung menuju lokasi tanpa musti nyari-nyari, dari tangga masuk tuh kamu naik aja terus sampe lantai 2 dari atas, setelah itu belok kanan, udah cari aja disana pasti langsung ketemu, dulu waktu kesana banyak turis bingung nyari stupa ini, setelah melihat saya yang sedang sendirian asik dengan kamera di stupa ini, turi-turis pada datang dan nggerumbul sampe-sampe saya pun terusir dari tempat ini #hiks. Yauda yah akhirnya saya ngalah sama mereka yang badannya lebih gede dan tinggi beserta kameranya yang canggih, dari pada dipaksa nerusin hunting foto disitu ga dapet foto cakepnya malah dapet foto bocornya huhuhuTips buat kalian yang pingin menikmati sunrise di candi Borobudur, ada baiknya menghindari WeekEnd seperti hari jum’at – minggu udah dijamin rame dan gak akan sesuai dengan ekspektasi yang sepi dan tenang, tapi kalo weekdays juga bukan jaminan akan lebih sepi sih, saya dulu kesana pas hari jum’at kirain sepi taunya malah bejubel T_T

nahlo..liat sendiri kan,
mbak, megang apaan mbak.?

Setelah puas menikmati sunrise di candi Borobudur ada baiknya sarapan terlebih dahulu dengan hidangan yang sudah disiapkan oleh pihak hotel untuk tamu yang terdaftar pada paket wisata tersebut secara gratis, terdapat jalur khusus yang bisa dilalui untuk menuju hotel berupa jalan setapak yang bisa dilalui 2 orang. Untuk bisa menikmati sarapan gratis cukup menunjukkan tiket yang tadi subuh kita beli ke petugas dan jangan lupa mengembalikan senternya juga setelah itu akan mendapatkan souvenir dari pihak hotel.

dapet souvenir bro hehe

Udah selesai menikmati surise, kini waktunya buat balik ke Jogja dengan mengendarai motor setengah ngantuk (sliyat sliyut ning dalan) dan lagi-lagi saya habiskan waktu di malioboro sebelum balik ke Jombang.

Udah ah mau tidur dulu, nulis sambil tengkurep pegel juga, dikit-dikit kepala taruh di bantal, ketiduran, kebangun lagi, ketiduran lagi. Bye..

2 pemikiran pada “Menunggu Sunrise Di Candi Borobudur

Komentarnya Dong