Traveling Jombang – Jogja Modal 300 Ribu Siapa Takut

Baiklah, kali ini saya akan membagikan tips solo traveling dari Jombang ke Jogja hanya dengan modal duit 300 ribu saja bisa PP plus ke tempat wisata terdekat tapi tanpa nginep ya hehe. Hal ini akibat dari keseringan saya pergi ke Jogja yang entah disana juga gak ngapa-ngapain padahal kan dirumah bisa tidur yak hehehe

Yang pertama berangkat dari Jombang (depan stasiun) malam hari dengan menggunakan Bus, biasanya sih pake bus Sugeng Rahayu/Sumber Kencono atau Mira tujuan Surabaya-Jogja yang jelas disini pake bus yang ATB alias AC Tarip Biasa dengan rute Jombang – Terminal Giwangan Jogja dengan tarif Rp.46.000,- estimasi waktu 6 jam perjalanan.

Sesampainya saya di Jogja (terminal giwangan) kadang subuh atau pagi, nah kalo pas pagi-pagi kan terminal kadang  masih sepi, bisa tuh dipake buat mandi atau sekedar rebahan badan setelah naik roller coaster selama 6 jam sembari nunggu jam operasionalnya bus Trans Jogja dimulai biasanya sih jam 06:00 WIB sudah standby di terminal buat nganter ke tujuan kedua yaitu Malioboro. Oke, tujuan selanjutnya yaitu Malioboro dengan menggunakan moda transportasi Bus Trans Jogja dengan biaya cuma Rp.3.500,- sekali jalan.Malioboro kalo masih pagi tuh kirain sepi, ternyata enggak ding, tetep rame tapi gak rame-rame banget sih lagian lapak pedagang juga masih belum pada buka hehe. Di Malioboro ini dulu pernah saya di traktir temen makan soto letaknya didalam pasar Beringharjo, enak sedep wareg, sayangnya saya lupa harga pastinya berapa, kalo ga salah sih ga sampe Rp.20.000,- deh udah sama es teh/teh anget, (kalo mbak @apriliawahyunii baca artikel ini segera hubungi saya ya). Ada pengalaman kurang enak waktu makan pecel di Malioboro ini, saya pernah pesen pecel dengan lauk tempe tanpa peyek (padahal dia kan pacarnya pecel harusnya ada) dan juga nggak pake minuman seperti es teh/teh anget, dengan menu seperti pecel jawa timuran pada umumnya sih tapi ketika selesai makan untuk seporsi pecel ini dipatok Rp.15.000,- 😦 meski bagi saya nggak mahal-mahal amat tapi ya mau gimana lagi pas lagi travelling dengan hemat biaya gini, biasanya kalo di Jombang pecel harga 6-8rb aja udah dapet porsi lengkap. Oiya saya ga bisa ngasih rekomendasi kulineran murah dan enak di sekitaran malioboro ataupun Jogja, soalnya belum sempet mampir-mampir dan kadang juga lupa harganya hahaha :’) (palingan cuma di angkringan yg makanannya murah).Setelah itu lanjut ke benteng Vredeburg (eh gimana sih tulisannya, gitu kali ya) dengan biaya tiket masuk Rp.3000,- saja untuk dewasa. Setelah dari sini kadang saya lanjutin ke Tamansari, pengennya sih ke Keraton dulu ya kan searah tuh tapi keraton bukanya jam 09:00 pagi. Dari Vredeburg ke Tamansari bisa ditempuh dengan naik Ojol ataupun Becak, saya lebih memilih jalan kaki saja karena menurut saya jaraknya nggak terlalu jauh juga, sembari hunting foto street sama olahraga kaki (padahal asline yo linu sikilku huhuhu). Biaya masuk wisata Water Castle Tamansari ini cukup mureehh cuma Rp.7.500/orang (kalo ga salah) dan biaya buat yang bawa kamera Rp.3.000,-. Yang bikin bingung buat yang pertama kali ke Tamansari dan pengen ke masjid bawah tanah pasti muter-muter nyarinya, ada guide yang siap nganter kok ke masjid bawah tanah dengan biaya bisa di nego sendiri heheSetelah tamansari tujuan selanjutnya yaitu alun – alun kidul, ngapain.? cuma numpang ke angkringan doang sih hehe ngisi perut habis Rp.10.000,- lanjut ke Gereja di daerah Sayidan yang terkenal itu, kali ini saya milih untuk naik GrabCar dengan biaya Rp.11.000,- (waktu itu) soalnya kalo jalan kaki bisa bisa kaki tinggal dengkulnya doang, jauh men hehe

Dari Gereja Saskia Gothic saya lanjut ke Keraton lagi lagi jalan kaki, jaraknya sih ga begitu jauh juga kok, biaya masuk Keraton sekitar Rp.7.000,- kalo nggak salah, ga perlu dijelasin ya di Keraton ada apa aja soalnya panjang ntar urusannya hehehe.Udah jalan-jalan setengah hari pasti gerah kan ya, ditambah bau keringet yang wangi udah pasti rasanya pengen nyemplung ke kobokan lalapan hehe gak ding, mandi maksudnya. Kalo urusan mandi biasanya saya mandi di toilet umum yang letaknya di area parkir Taman Pintar atau di Jl. Secodiningratan, cek aja di google map area parkir taman pintar, dengan biaya mandi Rp.5.000,-.

Senja di Malioboro ngangenin ya.

Kalo sore di Jogja tuh enaknya di habiskan dengan duduk-duduk manja sama pasangan di Malioboro atau ngabisin sisa uang saku buat belanja oleh-oleh, kaos 100rb dapet 3, bakpia ada yang 20rb-an, tas rajut kecil 35rb-an *kok jadi dagangan gini*.

Pulang ke Jombang, saya biasanya naik kereta dari stasiun Lempuyangan tujuan Jombang dengan harga tiket bervariasi sih tergantung jadwal keberangkatan, karena saya ambil jadwal pukul 19:30 WIB maka harga tiketnya Rp.104.000,-. Dari malioboro ke lempuyangan naik grabcar kurang lebih biaya Rp.15.000,-.

Rincian biayanya sih kira-kira begini:

Bus Jombang – Jogja (giwangan) Rp. 46.000,-

Grabcar Malioboro – Lempuyangan Rp.15.000,-

Tiket kereta Lempuyangan – Jombang kelas Ekonomi Rp.104.000,-

Total = Rp 200.000,-

Rincian diatas belum termasuk biaya beli air mineral, mandi, jajan, makan di angkringan, ngasih saweran pengamen, beli oleh-oleh, dan lainnya.

Sekian ya, semoga berfaedah buat kalian yang pingin jalan-jalan ke Jogja dengan irit biaya hehehe

3 pemikiran pada “Traveling Jombang – Jogja Modal 300 Ribu Siapa Takut

1. Annisa

Halo kak, mau tanya plis jawab ya
    itu bisnya dari jombang langsung ke jogja apa ngimbal pindah bis lagi
    Aku anak jombang juga mau ngetrip ke jogja kak