Mampir Sebentar Ke Cirebon

Sebenernya sehari di Cirebon tuh nggak cukup, kalo dari peta sih kelihatan nggak gede-gede banget letak geografisnya tapi pas di samperin kok ya lumayan hahaha, jadi perjalanan saya ke Cirebon diawali rasa penasaran sama Keraton Kasepuhan Cirebon tuh kayak gimana, apa sama kayak keraton yang ada di Jogja atau Surakarta. Perjalanan saya mulai dari stasiun Kediri menuju stasiun Cirebon Prujakan dengan waktu tempuh perjalanan 10 jam (duh mak bokong tepos) tapi ya mau gimana lagi demi memuaskan hawa nafsu penasaran saya hehehe

Untuk tujuan awal saya ke situs yang terkenal di Cirebon, yaitu Goa Sunyaragi yang letaknya di daerah Kesambi. Apa sih itu goa Sunyaragi.? *mending kalian cari-cari sendiri artikel terkait di google/yahoo aja ya, dari pada saya jelasin ntar malah gak karuan hahaha. Untuk biaya masuk sekitar Rp.5000,- kalo tidak salah ada juga biaya buat yang bawa kamera seperti Tamansari Jogja. Untuk arsitektur dari bangunannya sih keseluruhan menggunakan batu karang yang entah gimana cara bangunnya di jaman dulu, dan juga terdapat lorong-lorong sempit yang saling terhubung ada juga ruangan kecil yang (mungkin) digunakan untuk bermeditasi.Dari goa Sunyaragi saya lanjutkan ke Keraton Kasepuhan Cirebon, jaraknya sih lumayan jauh mungkin 20menitan kalo naik motor, jalanan di Cirebon tuh rame kayak Jombang Surabaya dan juga kalo siang panas men udah kayak di Semarang atau Surabaya daerah pinggir laut sana hehe, yaa secara kan Cirebon juga deket laut jawa. Saya agak lupa biaya masuk ke keraton kasepuhan ini berapa, yang saya inget cuma rasa asem tahu gejrot depan loket masuk keraton doang hahaha, di artikel selanjutnya akan saya bahas kuliner khas Cirebon, tunggu aja.Setelah dari keraton kasepuhan saya lanjut ke keraton Kanoman, jaraknya sih nggak begitu jauh mungkin 5 menitan lah, letaknya yang bersebelahan dengan pasar kanoman membuat tempat ini agak nggak kelihatan kalo ternyata adalah sebuah bangunan keraton. Wal hasil tidak saya lanjutkan ke keraton kanoman melainkan hunting foto ke pasar kanoman sekalian berburu abon khas Cirebon alias SiWang (terasi bawang) buat oleh-oleh dirumah, siwang ini paling enak dimakan pake nasi anget lawaran srius enaaak. *endorseSelepas sore niat saya melanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang kekinian di tepian pantai Cirebon, namanya Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, kalo diliat di feed instagram sih kelihatannya kece banget gitu kalo pas sunset, tapi apa daya raga ini lemes terpapar pancaran mentari cirebon yang panasnya minta ditiupin #LahDiKiraNiupKopi yasuda perjalanan saya akhiri dengan tidur semalaman di penginapan ditemani kipas angin yang agak sengklek huhuhuu. Sebenernya ada banyaaak tempat yang belum sempat saya kunjungi di Cirebon ini, seperti makam Sunan Gunung Jati, Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, Bukit Gronggong, Telaga Remis (duh kalo yg ini pengennya banget), Sentra Batik Trusmi, trus Sunsetan di pantai Kejawan, Alun – alun Kejaksan (udah pernaaah), yauda ya sampai ketemu di lain waktu huhuhuu

Cirebon I Miss You..

Komentarnya Dong